Senin, 25 Februari 2019

POINTER

Politala 2A

POINTER
A.    Pengertian Pointer
Pointer (penunjuk) adalah sebuah variabel yang digunakan sebagai penunjuk alamat dari variabel lain. Pointer disini berfungsi menyimpan alamat dari sebuah variabel dan dapat mengakses nilai yang ada di alamat tersebut, pointer dapat mengubah nilai, menampilkan nilai atau menampilkan alamat dari variabel yang disimpannya. Manusia menggunakan pointer pada dunia nyatasetiap saat. Pointer (penunjuk) adalah sebuah variabel yang digunakan sebagai penunjuk alamat dari variabel lain. Pointer disini berfungsi menyimpan alamat dari sebuah variabel dan dapat mengakses nilai yang ada di alamat tersebut, pointer dapat mengubah nilai, menampilkan nilai atau menampilkan alamat dari variabel yang disimpannya. Manusia menggunakan pointer pada dunia nyata setiap saat.

B.     Alamat dan Variabel
Misalkan kamu memiliki variabel x dan terletak di memori 0x000001. Jika kamu ingin memasukkan nilai 100 kedalam variabel x, maka processor harus membawa nilai 100 tersebut kedalam variabel x yang terletak di alamat memori 0x000001. Hal yang perlu kamu ketahui adalah, setiap variabel ternyata memiliki ukuran byte yang berbeda-beda dalam memori. Sebagai contoh suatu variabel bertipe int memiliki ukuran 4 byte dalam memori. Maka variabel tersebut akan menempati 4 kapling lokasi dalam memori, misalkan 0x000001, 0x000002, 0x000003, dan 0x000004. Jika terdapat dua buah variabel bertipe int yang bersebelahan, maka alamat variabel pertama terletak di 0x000001 dan variabel kedua terletak dialamat 0x000005.

C.     Macam-macam operator pada pointer
Address-of Operator (&), adalah operator yang memungkinkan kita untuk mendapatkan/melihat alamat memori yang dimiliki oleh variabel tersebut. Cara menggunakanya adalah dengan meletakan tanda & di depan identitas saat pemanggilan variabel. Hal itu akan membuat compiler memberikan alamat memori bukan isi/nilai dari memori tersebut.

Dereference Operator (*), adalah operator yang memungkinkan mendapatkan isi/nilai dari sebuah memori berdasarkan alamat memori.

Pointer adalah sebuah variabel yang menyimpan alamat memori dari variabel lainnya, kita dimungkinkan untuk mengubah nilai dari variabel yang ditunjuk oleh pointer dan menyalin. Selama program berjalan kita bebas mengubah tujuan dari pointer, mengubah untuk menunjuk ke alamat memori variabel lain atau menunjuk ke alamat memori yang bukan merupakan variabel.
D.    Mendirikan Pointer

Pada umumnya pointer sebenarnya adalah variabel, peraturan yang dimiliki variabel juga berlaku pada pointer, jadi tidak jauh beda dengan variabel. pointer hanya mendapatkan beberapa perbedaan yaitu penambahan dua operator yang akan membuat variabel menjadi variabel pointer. Untuk mendirikan sebuah variabel pointer kita hanya menambahkan dereference operator sebelum identitas. Operator dereference tidak harus melekat pada identitas, operator tersebut juga bisa di letakan setelah tipe data atau di antara tipe data dan identitas. dari berbagai cara penulisan tersebut memiliki makna yang sama yaitu satu operator dereference hanya akan berlaku pada saru variabel. Pointer tidak hanya berlaku pada variabel, kita juga dapat melakukanya pada function, objek dan lain-lain. Dan cara implementasi pointer selain pada variabel, caranya masih sama seperti kita melakukanya pada variabel.
E.     Cara mengakses Pointer
Variabel pointer adalah variabel yang memiliki alamat memori sebagai nilai dari variabel pointer tersebut. Dan pada pointer kita dimungkinkan untuk mengakses nilai dari pointer itu sendiri dan mengakses nilai dari alamat memori yang dimiliki(ditunjuk) oleh pointer. Pointer merupakan variabel, untuk mengakses pointer tidak jauh beda dengan cara mengakses variabel. Untuk mengakses nilai dari pointer kita hanya cukup memanggil identiatas dari pointer tersebut.
Pemanggilan itu akan menghasilkan nilai dari pointer yang berupa alamat memori dari variabel yang ditunjuk oleh pointer tersebut. Karena pointer hanya dapat mememiliki nilai berupa alamat memori, untuk mengubah nilai dari pointer atau mengubah tujuan dari pointer kita membutuhkan operator address-of (&) pada operand sumber.
Contoh program :
F.      Ukuran Pointer
Besar memori dari pointer tergantung pada mesin kompiler. jika kompiler merupakan 32bit maka pointer akan memakan memori sebanyak 4 bytes, Jika menggunakan 64bit maka pointer memakan memori sebanyak 8 bytes.

G.    Pointer dan Array
Pada Array/Larik, pointer hanya perlu menunjukan alamat elemen pertama saja karena alamat array dalam memori sudah disusun secara berurutan.
Pernyataan pa=a artinya pointer pa menyimpan alamat array a, yang alamatnya diwakili alamat elemen pertama, yaitu a[0]. Kita juga bisa mengganti perintah pa=a dengan pa=&a[0]. Untuk pembacaan semua elemen array dengan pointer, bisa menggunakan perulangan seperti pada penggalan program berikut.
H.    Pointer sebagai parameter suatu fungsi
Parameter pass by reference adalah pemrosesan parameter di dalam sebuah fungsi di mana yang dimasukkan didalam prosedur adalah tempat atau alamat dari variabel yang menjadi parameter sehingga dapat terjadi perubahan nilai variabel yang menjadi parameter.



DAFTAR PUSTAKA

http://yuliana.lecturer.pens.ac.id/Konsep%20Pemrograman/Teori/T12-Pointer(1).pdf diakses pada tanggal 26 febuari 2019 pukul 11.18 wita
https://www.belajarcpp.com/tutorial/cpp/pointer/ diakses pada tanggal 26 febuari 2019 pukul 11.28 wita
https://bundet.com/pub/detail/pengertian-pointer-dalam-c-1539272230 diakses pada tanggal 26 febuari 2019 pukul 11.55 wita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Teknik Hacking Website Sqlmap

Hacking Website Sqlmap A.     Pengertian Hacking Hacking adalah kegiatan memasuki system melalui system operasional lain yang dijal...