A. Definisi Komputer
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapikomputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika. dilihat dari beberapa aspek. Istilah komputer mempunyai arti yang luas dan berbeda bagi setiap orang. Istilah komputer (computer) diambil dari bahasa Latin computare yang berarti menghitung (to compute atau to reckon).
B. Komputer dan Pendidikan
Dunia pendidikan sangat diuntungkan dari kemajuan teknologi informasi karena memperoleh manfaat yang luar biasa. Mulai dari eksplorasi materi-materi pembelajaran berkualitas seperti literatur, jurnal, dan buku, membangun forum-forum diskusi ilmiah, sampai konsultasi/diskusi dengan para pakar di dunia, semua itu dapat dengan mudah dilakukan dan tanpa mengalami sekat-sekat karena setiap individu dapat melakukannya sendiri. Dampak yang sedemikian luas tersebut telah memberikan warna atau wajah baru dalam sistem pendidikan dunia, yang dikenal dengan berbagai istilah e-learning, distance learning, online learning, web based learning, computer-based learning, dan virtual class room, dimana semua terminologi tersebut mengacu pada pengertian yang sama yakni pendidikan berbasis teknologi informasi. Sudah selayaknya lembaga-lembaga pendidikan yang ada segera memperkenalkan dan memulai penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai basis pembelajaran yang lebih mutakhir. Hal ini menjadi penting mengingat penggunaan teknologi informasi merupakan salah satu faktor penting yang memungkinkan kecepatan transformasi ilmu pengetahuan kepada peserta didik, generasi bangsa ini secara lebih luas. Dalam konteks yang lebih spesifik, dapat dikatakan bahwa kebijakan penyelenggaraan pendidikan, baik yang diselenggarakan oleh pemerintah, pemerintah daerah, maupun masyarakat harus mampu memberikan akses pemahaman dan penguasaan teknologi mutakhir yang luas kepada peserta didik. Program pembangunan pendidikan yang terpadu dan terarah berbasis teknologi paling tidak akan memberikan multiplier effect dan nurturant effect terhadap hampir sisi pembangunan pendidikan.
Adapun
manfaat teknologi informasi bagi bidang pendidikan yang lain adalah:
1. Akses
ke perpustakaan
2. Akses
ke pakar
3. Melakukan
kuliah/pembelajaran Online
4. Menyediakan
layanan informasi akademi dan administrasi suatu institusi pendidikan
5. Menyediakan
fasilitas mesin pencari data
6. Menyediakan
fasilitas diskusi
7. Menyediakan
fasilitas direktori alumni ke sekolah
8. Menyediakan
fasilitas kerja sama
Perkembangan yang lebih dahsyat terjadi di media internet bersamaan dengan merebaknya teknologi komputer yang canggih. Dengan adanya internet, memungkinkan manusia berkomunikasi tanpa kendala ruang dan waktu. Perubahan, tidak dapat dipungkiri melahirkan berbagai jenis media baru. Munculnya industri media baru sangat mempengaruhi pola pikir masyarakat Indonesia. E-mail misalnya, surat elektronik yang dikirim melalui komputer ke komputer lain melalui suatu jaringan. Pesan dapat dikirim ke segala penjuru dunia dalam waktu yang sangat singkat. Hal ini sesuai dengan pernyataan Marshall McLuhan (1980) dalam teorinya, ”Technological Determinism” yang menyatakan bahwa kemajuan teknologi menyebabkan adanya perubahan sosial dalam diri masyarakat yang salah satunya adalah kelahiran konsep ‘global village’ yang menganggap dunia layaknya sebuah desa (Severin & Tankard, 2001: 458). Konsep ini muncul karena media elektonik dan internet mampu membuat setiap orang di mana pun dan kapan pun bisa saling berinteraksi dengan cepat, mudah dan tanpa banyak biaya seperti berinteraksi dengan orang didekatnya. Pada sebagian masyarakat tertentu, internet kini tidak hanya sekedar dijadikan sebagai gaya hidup (lifestyle) semata, namun lebih dari itu telah menjadi kebutuhan utama (primary needs) yang harus dipenuhi layaknya kebutuhan pokok lainnya. Beberapa implementasi yang bisa diterapkan pada penyelenggaraan egoverment diantaranya adalah:
a.
Penyediaan sumber informasi yang sering
dan banyak dicari masyarakat seperti potensi daerah, komoditas daerah serta
kualitas sumber daya masyarakat di suatu daerah.
b.
Penyediaan mekanisme akses melalui kios
informasi yang tersedia di kantor pemerintahan dan tempat publik sehingga
menjamin kesetaraan kesempatan mendapat informasi.
c.
E-procurement;
pemerintah dapat melakukan tender secara Online dan transparan (Sosiawan,
2004:3). Dilihat dari segi keuntungannya dapat digunakan sebagai sarana promosi
daerah yang bersangkutan dan membuat pemerintah daerah lebih transparan. Website
pemerintah daerah merupakan salah satu strategi didalam melaksanakan e-goverment.
Pada pelaksanaan e-goverment, informasi, komunikasi, dan transaksi
antara masyarakat dan pemerintah dilakukan via internet. Oleh karena itu ada
beberapa manfaat yang dihasilkan seperti misalnya, komunikasi dalam sistem
administrasi berlangsung dalam hitungan jam, bukan hari atau Minggu Artinya,
pelayanan pemerintah pada masyarakat menjadi sangat cepat, pelayanan informasi
dapat disediakan 24 jam sehari, tujuh hari dalam seminggu. Informasi dapat
dicari dari kantor, rumah, bahkan telepon genggam dimanapun tanpa harus secara
fisik datang ke kantor pemerintahan atau tempat-tempat pelayanan umum.
D. Komputer dan Industri
Menurut
Robot Institute of America (1979) : “Robot adalah lengan manipulator
berfungsi jamak yang dapat diprogram untuk mengoperasikan bahan-bahan, suku
cadang, peralatan atau alat industri lainnya malalui berbagai program
pergerakan untuk melaksanakan berbagai macam tugas”, Bapak dari Robot untuk
Industri : George Deval.
1. MENGAPA
JEPANG UNGGUL ?
a. Menurut
laporan dari Robert H. Hayes (Harvard Business School : Jepang berhasil karena gaya manajemen yang
tangguh dan kualitas pengendalian yang prima
b. Robot
ditemani dengan pekerja-pekerja yang terampil dan ahli sehingga hasil
produksinya menjadi lebih baik.
c. Adanya
tradisi yang kuat untuk bekerja sama antara perusahaan, pekerja dan
pemerintah
d. Menurut
Peter F. Drucker : keberhasilan Jepang dikarenakan mereka benar-benar
mencurahkan seluruh pemikirannya untuk mengelola perusahaan - perusahaan mereka
yang besar dan rumit.
Di negara lain (Amerika Serikat),
mengganggap bahwa otomasi di negara mereka menyebabkan angkatan kerja
kehilangan keterampilan / keahlian dan kerja sama antara perusahaan, pekerja
dan pemerintah dianggap persaingan yang tidak sehat
2. Struktur Robot Dan Pemrogramannya
Robot
industri pada umumnya terdiri dari :
1) Sebuah
bangunan besar dan kokoh dengan beberapa lengan yang keluar
2) Lengannya
terdiri dari : penjepit, sensor, peralatan pada ujung lengan dan dapat
digerakkan dengan leluasa
Struktur robot menurut bagian-bagiannya :
a. Manipulator : Merupakan basis,
diletakkan diatas jalur, gerakan terbatas
b. Pengendali : Terdiri dari komputer,
antar muka (interface), software
c. Sumber daya Pneumatik,
hidrolik dan listrik : Robot bertenaga listrik umumnya dianggap terkuat,
sedangkan dengan tenaga pneumatik dianggap terlemah
d. Peralatan ujung : Terdiri dari
penjepit, penyemprot, las, dsb
e. Sensor
F. Komputer dan Seni
Seni komputer (Inggris: computer
art) adalah jenis seni yang menggunakan komputer untuk
membuat dan menampilkan suatu hasil karya seni tertentu. Jenis kesenian kontemporer ini
meliputi seni yang berkaitan dengan gambar (image), suara, animasi, video, CD-ROM, DVD-ROM, video
game,
web site, algoritme, pertunjukan atau pameran foto (gallery). Banyak bidang
disiplin ilmu yang lama sekarang telah menggunakan teknologi digital dan
komputer, sehingga garis batas antara hasil karya seni tradisional/lama dan
hasil olahan media dengan menggunakan komputer menjadi sukar untuk dibedakan.
Hasil karyanya ini kemudian dipamerkan sebagai seni komputer pertama di sebuah
kota San Jose, California pada tanggal 6 Mei 1963. Banyak manfaat yang telah
diberikan oleh komputer dalamm hal Seni Gambar atau picture atau image. Manusia
banyak di bantu dalam berbagai hal yang meliputi proses membuat gambar
(Creating image), Mengubah gambar (image Processing), Menyajikan Gambar (image
Presenting). Gambar yang diproses secara komputerisasi diatas dapat berupa
gambar apa saja dalam berbagai bentuk dari 2 dimensi hingga 3 dimensi. Dalam menggambar
dengan sistem komputer, gambar dibedakan datarn beberapa format yaitu:
a. Web
Pages (HTML) supports two types of image files
b. GIF
- Graphics Interchange Format yaitu format untuk gambar yang dibentuk oteh
berbagai garis dan hanya menggunakan beberapa warna.
c. JPEG
(JPG) - Joint Photographic Experts Group yaitu format untuk gambar yang
dibentuk oleh banyak warna dan spectrum sepeti foto.
Format
gambar di tentukan oleh jurntah warna yang membentuknya. Berikut adalah
klasifikasi gambar berdasarkan warna yang membentuknya.
a. 16
colors (GIF)
b. 256
colors (GIF or JPG)
c. 16
million (JPG)
Foto
(dalam format JPEG) yang diproses, memitiki berbagai format yaitu: BMP – bitmap, TIF - Tagged Image Fite
Format, PCX - Zsoft Paintbrush, WMF - Windows MetaFile, etc., etc., etc
1. CREATING IMAGE
Menciptakan gambar dengan komputer
adalah menggarnbar dengan basis titik, garis dan bangun. Hingga Saat ini telah
banyak software dan hardware yang diciptakan untuk membuat gambar. Diantaranya
adalah:
a) Paint
Et Draw Programs Paint
b) Microsoft
Paint
c) L
view Pro
d) Paint
Shop Pro
e) Core[
Photo-Paint Draw
f) PowerPoint
Video terkait bisa langsung dikunjungi linknya ada dibawah ini, semoga bermanfaat
https://www.youtube.com/watch?v=OxbNQCPtIcM&t=10s
Tidak ada komentar:
Posting Komentar