Minggu, 23 Desember 2018

Komputer dan Pendidikan, Pemerintahan, Industri dan Seni

Komputer dan Pendidikan, Pemerintahan, Industri dan Seni

A. Definisi Komputer 
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapikomputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika. dilihat dari beberapa aspek. Istilah komputer mempunyai arti yang luas dan berbeda bagi setiap orang. Istilah komputer (computer) diambil dari bahasa Latin computare yang berarti menghitung (to compute atau to reckon).
B. Komputer dan Pendidikan 
Dunia pendidikan sangat diuntungkan dari kemajuan teknologi informasi karena memperoleh manfaat yang luar biasa. Mulai dari eksplorasi materi-materi pembelajaran berkualitas seperti literatur, jurnal, dan buku, membangun forum-forum diskusi ilmiah, sampai konsultasi/diskusi dengan para pakar di dunia, semua itu dapat dengan mudah dilakukan dan tanpa mengalami sekat-sekat karena setiap individu dapat melakukannya sendiri. Dampak yang sedemikian luas tersebut telah memberikan warna atau wajah baru dalam sistem pendidikan dunia, yang dikenal dengan berbagai istilah e-learning, distance learning, online learning, web based learning, computer-based learning, dan virtual class room, dimana semua terminologi tersebut mengacu pada pengertian yang sama yakni pendidikan berbasis teknologi informasi. Sudah selayaknya lembaga-lembaga pendidikan yang ada segera memperkenalkan dan memulai penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai basis pembelajaran yang lebih mutakhir. Hal ini menjadi penting mengingat penggunaan teknologi informasi merupakan salah satu faktor penting yang memungkinkan kecepatan transformasi ilmu pengetahuan kepada peserta didik, generasi bangsa ini secara lebih luas. Dalam konteks yang lebih spesifik, dapat dikatakan bahwa kebijakan penyelenggaraan pendidikan, baik yang diselenggarakan oleh pemerintah, pemerintah daerah, maupun masyarakat harus mampu memberikan akses pemahaman dan penguasaan teknologi mutakhir yang luas kepada peserta didik. Program pembangunan pendidikan yang terpadu dan terarah berbasis teknologi paling tidak akan memberikan multiplier effect dan nurturant effect terhadap hampir sisi pembangunan pendidikan. 
    Adapun manfaat teknologi informasi bagi bidang pendidikan yang lain adalah:
       1.      Akses ke perpustakaan
       2.      Akses ke pakar
      3.      Melakukan kuliah/pembelajaran Online
      4.      Menyediakan layanan informasi akademi dan administrasi suatu institusi pendidikan
      5.      Menyediakan fasilitas mesin pencari data
      6.      Menyediakan fasilitas diskusi
      7.      Menyediakan fasilitas direktori alumni ke sekolah

      8.      Menyediakan fasilitas kerja sama
C. Komputer dan Pemerintah 
Perkembangan yang lebih dahsyat terjadi di media internet bersamaan dengan merebaknya teknologi komputer yang canggih. Dengan adanya internet, memungkinkan manusia berkomunikasi tanpa kendala ruang dan waktu. Perubahan, tidak dapat dipungkiri melahirkan berbagai jenis media baru. Munculnya industri media baru sangat mempengaruhi pola pikir masyarakat Indonesia. E-mail misalnya, surat elektronik yang dikirim melalui komputer ke komputer lain melalui suatu jaringan. Pesan dapat dikirim ke segala penjuru dunia dalam waktu yang sangat singkat. Hal ini sesuai dengan pernyataan Marshall McLuhan (1980) dalam teorinya, ”Technological Determinism” yang menyatakan bahwa kemajuan teknologi menyebabkan adanya perubahan sosial dalam diri masyarakat yang salah satunya adalah kelahiran konsep ‘global village’ yang menganggap dunia layaknya sebuah desa (Severin & Tankard, 2001: 458). Konsep ini muncul karena media elektonik dan internet mampu membuat setiap orang di mana pun dan kapan pun bisa saling berinteraksi dengan cepat, mudah dan tanpa banyak biaya seperti berinteraksi dengan orang didekatnya. Pada sebagian masyarakat tertentu, internet kini tidak hanya sekedar dijadikan sebagai gaya hidup (lifestyle) semata, namun lebih dari itu telah menjadi kebutuhan utama (primary needs) yang harus dipenuhi layaknya kebutuhan pokok lainnya. Beberapa implementasi yang bisa diterapkan pada penyelenggaraan egoverment diantaranya adalah:
     a.       Penyediaan sumber informasi yang sering dan banyak dicari masyarakat seperti potensi daerah, komoditas daerah serta kualitas sumber daya masyarakat di suatu daerah.
    b.      Penyediaan mekanisme akses melalui kios informasi yang tersedia di kantor pemerintahan dan tempat publik sehingga menjamin kesetaraan kesempatan mendapat informasi.
    c.       E-procurement; pemerintah dapat melakukan tender secara Online dan transparan (Sosiawan, 2004:3). Dilihat dari segi keuntungannya dapat digunakan sebagai sarana promosi daerah yang bersangkutan dan membuat pemerintah daerah lebih transparan. Website pemerintah daerah merupakan salah satu strategi didalam melaksanakan e-goverment. Pada pelaksanaan e-goverment, informasi, komunikasi, dan transaksi antara masyarakat dan pemerintah dilakukan via internet. Oleh karena itu ada beberapa manfaat yang dihasilkan seperti misalnya, komunikasi dalam sistem administrasi berlangsung dalam hitungan jam, bukan hari atau Minggu Artinya, pelayanan pemerintah pada masyarakat menjadi sangat cepat, pelayanan informasi dapat disediakan 24 jam sehari, tujuh hari dalam seminggu. Informasi dapat dicari dari kantor, rumah, bahkan telepon genggam dimanapun tanpa harus secara fisik datang ke kantor pemerintahan atau tempat-tempat pelayanan umum.
     D. Komputer dan Industri 
Menurut Robot Institute of America (1979) : “Robot adalah lengan manipulator berfungsi jamak yang dapat diprogram untuk mengoperasikan bahan-bahan, suku cadang, peralatan atau alat industri lainnya malalui berbagai program pergerakan untuk melaksanakan berbagai macam tugas”, Bapak dari Robot untuk Industri : George Deval.
    1.      MENGAPA JEPANG UNGGUL ?
      a.       Menurut laporan dari Robert H. Hayes (Harvard Business School :  Jepang berhasil karena gaya manajemen yang tangguh dan kualitas pengendalian yang prima
      b.      Robot ditemani dengan pekerja-pekerja yang terampil dan ahli sehingga hasil produksinya menjadi lebih baik.
      c.       Adanya tradisi yang kuat untuk bekerja sama antara perusahaan, pekerja dan pemerintah
    d.      Menurut Peter F. Drucker : keberhasilan Jepang dikarenakan mereka benar-benar mencurahkan seluruh pemikirannya untuk mengelola perusahaan - perusahaan mereka yang besar dan rumit.
Di negara lain (Amerika Serikat), mengganggap bahwa otomasi di negara mereka menyebabkan angkatan kerja kehilangan keterampilan / keahlian dan kerja sama antara perusahaan, pekerja dan pemerintah dianggap persaingan yang tidak sehat
   2.      Struktur Robot Dan Pemrogramannya
   Robot industri pada umumnya terdiri dari :
1)      Sebuah bangunan besar dan kokoh dengan beberapa lengan yang keluar
2)      Lengannya terdiri dari : penjepit, sensor, peralatan pada ujung lengan dan dapat digerakkan dengan leluasa
Struktur robot menurut bagian-bagiannya :
a.       Manipulator : Merupakan basis, diletakkan diatas jalur, gerakan terbatas
b.      Pengendali : Terdiri dari komputer, antar muka (interface), software
c.       Sumber daya Pneumatik, hidrolik dan listrik : Robot bertenaga listrik umumnya dianggap terkuat, sedangkan dengan tenaga pneumatik dianggap terlemah
d.      Peralatan ujung : Terdiri dari penjepit, penyemprot, las, dsb
e.       Sensor
F. Komputer dan Seni 
   Seni komputer (Inggriscomputer art) adalah jenis seni yang menggunakan komputer untuk membuat dan menampilkan suatu hasil karya seni tertentu. Jenis kesenian kontemporer ini meliputi seni yang berkaitan dengan gambar (image), suaraanimasivideoCD-ROMDVD-ROMvideo game, web site, algoritme, pertunjukan atau pameran foto (gallery). Banyak bidang disiplin ilmu yang lama sekarang telah menggunakan teknologi digital dan komputer, sehingga garis batas antara hasil karya seni tradisional/lama dan hasil olahan media dengan menggunakan komputer menjadi sukar untuk dibedakan.  Hasil karyanya ini kemudian dipamerkan sebagai seni komputer pertama di sebuah kota San Jose, California pada tanggal 6 Mei 1963. Banyak manfaat yang telah diberikan oleh komputer dalamm hal Seni Gambar atau picture atau image. Manusia banyak di bantu dalam berbagai hal yang meliputi proses membuat gambar (Creating image), Mengubah gambar (image Processing), Menyajikan Gambar (image Presenting). Gambar yang diproses secara komputerisasi diatas dapat berupa gambar apa saja dalam berbagai bentuk dari 2 dimensi hingga 3 dimensi. Dalam menggambar dengan sistem komputer, gambar dibedakan datarn beberapa format yaitu:
a.       Web Pages (HTML) supports two types of image files
b.      GIF - Graphics Interchange Format yaitu format untuk gambar yang dibentuk oteh berbagai garis dan hanya menggunakan beberapa warna.
c.       JPEG (JPG) - Joint Photographic Experts Group yaitu format untuk gambar yang dibentuk oleh banyak warna dan spectrum sepeti foto.
Format gambar di tentukan oleh jurntah warna yang membentuknya. Berikut adalah klasifikasi gambar berdasarkan warna yang membentuknya.
a.       16 colors (GIF)
b.      256 colors (GIF or JPG)
c.       16 million (JPG)
Foto (dalam format JPEG) yang diproses, memitiki berbagai format  yaitu: BMP – bitmap, TIF - Tagged Image Fite Format, PCX - Zsoft Paintbrush, WMF - Windows MetaFile, etc., etc., etc
      1.      CREATING IMAGE
Menciptakan gambar dengan komputer adalah menggarnbar dengan basis titik, garis dan bangun. Hingga Saat ini telah banyak software dan hardware yang diciptakan untuk membuat gambar. Diantaranya adalah:
a)      Paint Et Draw Programs Paint
b)      Microsoft Paint
c)      L view Pro
d)     Paint Shop Pro
e)      Core[ Photo-Paint Draw
f)       PowerPoint 



Video terkait bisa langsung dikunjungi linknya ada dibawah ini, semoga bermanfaat
https://www.youtube.com/watch?v=OxbNQCPtIcM&t=10s


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Teknik Hacking Website Sqlmap

Hacking Website Sqlmap A.     Pengertian Hacking Hacking adalah kegiatan memasuki system melalui system operasional lain yang dijal...