STRUCT
A. Pengertian Structure
Stucture (Struktur) adalah kemampuan elemen data yang
digabungkan menjadi satu kesatuan, dengan kata lainnya structure merupakan
bentuk struktur data yang dapat menyimpan variabel - variabel dalam satu nama.
Masing - masing elemen data dikenal dengan sebutan field.
Field dapat memiliki tipe data yang sama ataupun
berbeda - beda, perlu kalian ketahui juga bahwa variabel - variabel tersebut
memiliki ikatan satu sama lainnya, walaupun field-field tersebut berada dalam
satu kesatuan, namun masing - masing field tersebut tetap dapat diakses secara
individual. Field-field digabungkan menjadi satu dengan tujuan untuk kemudahan
dalam operasinya. Struktur membantu mengatur data yang rumit, khususnya dalam
program besar, karena struktir akan membuat sekelompok elemen data yang
diperlakukan sebagai suatu unit.
B. Deklarasi Structure
Pendeklarasian
structure selalu diawali dengan kata baku struct yang kemudian diikuti dengan
nama structure serta deklarasi field-field yang membangun structure
diantara pasangan tanda kurung kurawal ( {} ) dan diakhiri dengan tanda titik koma (;) . Jika terdapat
field dengan tipe data yang sama , dapat dideklarasikan bersama dengan
dipisahkannya oleh tanda koma (,) sehingga tidak perlu menuliskan tipe datanya secara
berulang-ulang .
Contoh Program :
C.
Pemakaian Structure
Untuk
menggunakan structure dapat dilakukan dengan menuliskan nama structure yang
diikuti dengan nama fieldnya yang dipisahkan dengan tanda titik (.) atau dengan
tanda panah ( -> ). Jika
variabel tunggal, maka digunakan tanda titik sebagai
pemisahnya, namun untuk variabel pointer maka tanda yang digunakan adalah panah sebagai pemisahnya.
Sebagai
contoh, kita akan mengambil dari structure Mahasiswa diatas dan kita akan
melakukan pencetakan biodata seorang mahasiswa ke dalam layar maka penulisannya
dapat kalian lakukan seperti dibawah ini :
D. Besar
Memori dari Struct
Deklarasi
struct sama sekali tidak memakan memori, struct bisa dikatakan hanyalah sebuah
rancangan, deklarasi struct dibuat untuk membuat tipe data yang dibuat oleh
programmer. Yang memakan memori adalah Object yang didirikan menggunakan data
structure sebagai tipe datanya. Jumlah memori dari object akan memiliki besar
dari total besar memori member yang ada pada struct tersebut.
E. Cara Inisialisasi object
Inisialisasi adalah
suatu tindakan untuk memberikan nilai awal pada suatu variabel. pada object
kita dimungkinkan untuk memberikan nilai awal dengan beberapa cara yaitu, non-static
member initialization, initializer list, dan uniform initialization. Non-static
Member adalah suatu tindakan memberikan nilai awal member structure
kepada object dengan cara memberikan nilai di saat mendirikan member dari
struct.
Dengan cara
tersebut, nilai inisialisasi akan berlaku ke semua object yang menggunakan tipe
structure tersebut.
Contoh
penulisan :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar