Minggu, 23 Desember 2018

Elemen Dasar Sistem Komputer

Elemen Dasar Sistem Komputer

A. Pemahaman Elemen Dasar Sistem Komputer

1. Hardware
Seperangkat alat-alat elektronik ini adalah berupa mesin-mesin/komponen-komponen yang secara lahiriah ada dan bisa dilihat, peralatan-peralatan/komponen-komponen inilah yang kita sebut dengan “COMPUTER HARD-WERE”.  Dari uraian diatas maka Hardware dapat didefinisikan sebagai istilah umum yang digunakan untuk mendeskripsikan semua elemen elektronik dan mekanik dari komputer, bersama dengan peralatan yang digunakan dengan komputer. Pada umumnya suatu kesatuan peralatan komputer haruslah terdiri minimal oleh 4 komponen yaitu:
   a.      Input device
   b.      Storage unit
   c.       CPU (Central Processing Unit)
   d.      Output device
   2. Konfirgurasi Sistem Komputer 
     Seperti telah disebutkan di atas, ke 5 komponen atau peralatan itulah yang merupakan konfigurasi dari sitem komputer. Konfigurasi sistem komputer tersebut kita bisa gambarkan sebagai berikut:


   3. Software 
     Software adalah istilah umum yang digunakan untuk mendeskripsikan semua macam program yang bisa digunakan pada sistem komputer bersama dengan dokumentasinya yang tergabung. Software adalah komponen dalam data processing system yang berupa program-program dan teknik-teknik lain untuk mengontrol sistem. Pada umumnya, istilah software menyatakan cara-cara yang menghasilkan hubungan yang lebih efesien antara manusia dan mesin komputer.
    Fungsi komputer antara lain :
    a)      Mengidentifikasi program
    b)      Menyiapkan aplikasi program sehingga tata kerja seluruh peralatan komkputer terkontrol.
    c)      Mengatur dan membuat pekerjaan lebih efesien.
    d)     Yang termasuk software adalah : Bahasa pemprograman dan kompilator 
   4. Brainware 
Orang yang melakukan pendeskripsian semua elemen elektronik dan mekanik dari komputer (hardware),adalah segala kegiatan manusia yang berhubungan dengan sistem informasi. Orang melakukan kegiatan ini karena sistem merupakan cara/proses untuk memasukkan data kedalam komputer, hasil akhir, atau jawaban tambahan dari beberapa cara yang lain. Bagian ini menjelaskan tugas-tugas yang terbaik kepada orang-orang atas sistem informasi dan bagaimana cara penampilan tugas-tugas yang berhubungan dengan sistem informasi itu sendiri.
B. Pemahaman Komponen Hardware 
   Perangkat keras (hardware) sebagai sub sistem dari sistem komputer juga mempunyai komponen , yaitu komponen alat masukan (input device), komponen alat pemrosesan (processing device) dan komonen alat simpanan luar (storage). 
1. Input 
Input terutama dijalankan dengan cara mengetikkan data keyboard, yang ini seperti mengetik dengan mesin ketik. Mouse juga digunakan untuk input. Kebanyakan komputer tidak dapat menerima data dalam bentuk komunikasi manusia biasa seperti percakapan atau dokumen tertulis. 
2. Proses 
Pemerosesan dilakukan oleh mikroprosesor, meskipun ia mempunyai fungsi yang sangat berbeda, hampir sama konstruksinya dengan main memory, sebab ia merupakan jenis chip silikon lain. Ia juga ditempatkan pada papan sirkut elektronik. Pada sebagian besar komputer yang lebih besar, pemerosesan dilakukan oleh sejumlah chip terpisah, sebagai pengganti mikroprosesor tunggal. 
3. Kontrol 
Setiap komputer mempunyai unit kontrol yang menjemput instruksi dari penyimpanan utama, menginterpretasikan instruksi itu, dan menerbitkan (mengeluarkan) sinyal yang diperlukan oleh komponen yang membentuk sistem itu. Ia mengarahkan semua operasi hardware yang diperlukan untuk mematuhi instruksi itu. 
4. Penyimpanan 
Penyimpanan (storage). Data dan instruksi memasuki main storage (penyimpanan utama), dan disimpan sampai diperlukan untuk bekerja. Instruksi tersebut mengarahkan tindak yang akan diambil pada data. Hasil tindakan tersebut akan disangga sampai ia diperlukan untuk output. 
5. Output 
Output mempunyai dua bentuk alternatif. Data bisa dicetak ke dalam lembaran kertas dengan menggunakan laser printer atau bisa ditampilkan pada layar monitor. Hasil-hasil diambil dari penyimpanan utama dan dimasukkan ke output device (perangkat output). Perangkat ini bisa berupa printer, dimana dalam hal ini informasi tersebut secara otomatis diubah ke bentuk tecetak (printed form) yang disebut hard copy, atau mungkin data tersebut ditampilkan pada layar monitor yang sama seperti layar pada set televisi.


Video terkait bisa langsung dikunjungi linknya ada dibawah ini, semoga bermanfaat :)
https://www.youtube.com/watch?v=6AaDK7fH_G4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Teknik Hacking Website Sqlmap

Hacking Website Sqlmap A.     Pengertian Hacking Hacking adalah kegiatan memasuki system melalui system operasional lain yang dijal...