Minggu, 23 Desember 2018

Memori dan Media Penyimpanan

Memori dan Media Penyimpanan

A. Definisi Memori 
Memori adalah istilah generik bagi tempat penyimpanan data dalam komputer. Beberapa jenis memori yang banyak digunakan adalah sebagai berikut :
        a.       Register prosesor
        b.      RAM atau Random Access Memory
        c.       Cache Memory (SRAM) (Static RAM)
        d.      Memori fisik (DRAM) (Dynamic RAM)
        e.       Perangkat penyimpanan berbasis disk magnetis
        f.       Perangkat penyimpanan berbasis disk optik
        g.      Memori yang hanya dapat dibaca atau ROM (Read Only Memory)
        h.      Flash Memory
        i.        Punched Card (kuno)
        j.        CD atau Compact Disk
       k.     DVD 
       Alat penyimpanan terbagi menjadi 3 bagian sebagai berikut :
a.       Main Memory : Dipergunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang akan diproses dan dari hasil pengolahan
b.      Register : Dipergunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang sedang diproses
c.       External memory : Dipergunakan untuk menyimpan program dan data secara permanen ( simpanan luar )

Alur Pemrosesan Alat Penyimpanan :


        
B. Jenis-jenis Memori
1. SIMM
Mempunyai kapasitasz 30 atau 72 pin. Memori SIMM 30pin untuk kegunaan PC zaman 80286 sehingga 80486 dan beroperasi pada 16 bit. Memory 72 pin banyak digunakan untuk PC berasaskan Pentium dan beroperasi pada 32 bit. Kecepatan dirujuk mengikuti istilah ns (nano second) seperti 80ns, 70ns, 60ns dan sebagainya. Semakin kecil nilainya maka kecepatan lebih tinggi. DRAM (dynamic RAM) dan EDO RAM (extended dataout RAM) menggunakan SIMM.
2. DIMM 

Berkapasitas 168 pin, kedua belah modul memori ini aktif, setiap permukaan adalah 84 pin. Ini berbeda daripada SIMM yang hanya berfungsi pada sebelah modul saja. Menyokong 64 bit penghantaran data. SDRAM (synchronous DRAM) menggunakan DIMM. Merupakan penganti dari DRAM, FPM (fast page memory) dan EDO.
3. DDR SDRAM 

Berkapasitas 168 pin, kedua belah modul memori ini aktif, setiap permukaan adalah 84 pin. Ini berbeda daripada SIMM yang hanya berfungsi pada sebelah modul saja. Menyokong 64 bit penghantaran data. SDRAM (synchronous DRAM) menggunakan DIMM. Merupakan penganti dari DRAM, FPM (fast page memory) dan EDO.
4. DRDRAM 
Dulu dikenali sebagai RDRAM. Adalah sejenis SDRAM yang dibuat oleh Rambus. DRDRAM digunakan untuk CPU dari Intel yang berkecepatan tinggi. Pemindahan data sama seperti DDR SDRAM tetapi mempunyai dua saluran data untuk meningkatkan kemampuan. Juga dikenali sebagai PC800 yang kerkelajuan 400MHz. Beroperasi dalam bentuk 16 bit bukan 64 bit.
C. Kategori Tempat Penyimpanan 
1.      Memori Utama 
adalah tempat penyimpanan yang volatile, dimana isinya hilang bila sumber energinya ( energi listrik ) dimatikan. Kebanyakan sistem komputer menyediakan secondary storage sebagai perluasan dari memori utama. Syarat utama dari secondary storage adalah dapat menyimpan data dalam jumlah besar secara permanen.
2. Secondary Storage 
yang paling umum adalah disk magnetik, yang meyediakan penyimpanan untuk program maupun data. Disk magnetik adalah alat penyimpanan data yang nonvolatile yang juga menyediakan akses secara random. Tape magnetik digunakan terutama untuk backup, penyimpanan informasi yang jarang digunakan, dan sebagai media pemindahan informasi dari satu sistem ke sistem yang lain.


Video terkait bisa langsung dikunjungi linknya ada dibawah ini, semoga bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Teknik Hacking Website Sqlmap

Hacking Website Sqlmap A.     Pengertian Hacking Hacking adalah kegiatan memasuki system melalui system operasional lain yang dijal...