Minggu, 23 Desember 2018

Windows

Windows

A. Sejarah Windows 
Windows telah berkembang dari masa ke masa, dari tingkat yang begitu rumit menjadi tingkat yang sangat sederhana. Sebuah revolusi pertama kali yang diusung oleh windows adalah tidak menggunakan lagi Ms-Dos. Tidak digunakannya Ms-Dos berimbas para pengguna tidak lagi mengetikkan perintah lewat command line.

         Berikut ini sejarah perkembangan microsoft windows :
        1.      Windows 1.0 (Tahun 1985)
       Versi pertama microsoft windows, yang disebut dengan windows 1.0, dirilis pada tanggal 20 November 1985. Versi ini memiliki banyak kekurangan dalam beberapa fungsionalitas, sehingga kurang populer di pasaran. Windows 1.0 bukanlah sebuah sistem operasi yang lengkap, tapi hanya memperluas kemampuan Ms-Dos dengan tambahan antarmuka grafis. Selain itu, windows 1.0 juga memiliki masalah dan kelemahan yang sama yang dimiliki oleh Ms-Dos.
        2.     Windows 2.0 (Tahun 1987) 

     Windows 2.0 mulai diperkenalkan untuk menggantikan versi 1.0 . Pada versi ini, penggunaan kartu grafis VGA mulai diperkenalkan sehingga windows 2.0 mampu menampilkan resolusi yang lebih baik dari versi sebelumnya. Program aplikasi tambahan yang disertakan adalah microsoft excel dan microsoft word. Selain itu, program aplikasi yang mulai dapat diinstal pada sistem operasi ini adalah corel dra dan pagemarker.
        3.   Windows 3.x - 3.0 dan  3.1 (Tahun 1990 dan 1992) 

       Tahun 1990 - windows 3.0 : keluaran ketiga dari windows platform menawarkan peningkatan performa, advanced graphic dengan dukungan 16-colors, dan dukungan penuh prosesor yang lebih kuat dari intel 386. Berbagai pc yang memiliki prosesor intel 386 yang menawarkan fitur yang lengkap dan kapabilitas tahun 1992- windows 3.1 : versi windows disertai truetype font yang prainstal. Hal ini secara efektif untuk pertama kalinya windows membuat sebuah desktop publishing platform fungsional.
        4.   Windows For Workgroups (Tahun 1992) 

        Sebenarnya ide untuk mengeluarkan system operasi berbasis wokrsgroup sudah dimunculkan pada windows 3.1. Namun, pengembangan lebih lanjut terdapat pada versi 3.1.1. Versi ini merupakan cikal bakal dari system operasi windows yang bebasis jaringan (network).
        5.    Windows NT.40 

     Windows NT 4.0 ini pada awalnya dikembangkan sebagai sebuah bagian dari usaha untuk memperkenalkan windows NT kepada pasar workstation. NT 4.0 memiliki antarmuka yang sama dengan windows 95, tetapi menggunakan kernel yang sama dengan windows NT, sehingga lebih stabil. 
        6. Windows 95 (Tahun 1995) 

           Windows 95 sudah terintegrasi dengan 32-bit tcp/ip (transmission control protocol/internet protocol) dan sudah mendukung jaringan internet, dial-up networking, dan dukungan plug and play, dimana kita bisa menginstall device dengan hanya mencolok kabel hardwarenya. Versi 32 bit dari windows 95 terdapat peningkatan kapabilitas multiedia, fitur yang lebih kaya untuk mobile computing, dan networking yang sudah diintegrasikan.
7.   Windows 98 (Tahun 1998) 

         Windows 98 dianggap sebagai revisi minor terhadap windows 95, tetapi secara umum dilihat jauh lebih stabil dan dapat diandalkan dibandingkan dengan pendahulunya windows 95. Windows 98 mencakup banyak driver perangkat keras baru dan dukungan sistem berkas fat32 yang lebih baik yang mengizinkan partisi untuk memiliki kapasitas lebih besar dari 2 gigabyte, sebuah batasan yang terdapat di dalam windows 95. 
8.    Windows Millenium Edition -ME (Tahun 2000) 

     Windoiws ME dirancang khusus bagi pengguna compiuter rumahan. Namun rupanya versi ini kurang disukai oleh masyarakat karena banyaknya isu yang beredar bahwa windows ME tidak sekompatibel windowis 98SE dalam menjalankan beberapa aplikasi tambahan. Pada bulan september 2000, microsoft memperkenalkan Windows Millenium Edition (dikenal juga dengan sebutan windows ME). 
9.   Windows Experience – XP (Tahun 2001) 

    Windows XP membawa hawa segar bagi dunia komputer. Peningkatan dari windows 2000, windows xp membawa reliabilitas tinggi, keamanan, dan performa. Dengan tampilan yang segar, windows xp memiliki fitur untuk bisnis dan juga home computing. Termasuk remote desktop connection, file system yang dapat di enkrip, dan system restore dan juga advanced networking. Untuk pengguna mobile, terdapat dukungan wireless 802.1x network, windows messenger, dan remote assistance
10.   Windows Vista (Tahun 2007) 

      Windows vista adalah system operasi terbaru keluaran microsoft. Fitur-fitur pada windows vista perubahannya boleh dikatakan radikal, terutama pada bagian userinterface. Kemampuan sekuritas juga ditambahkan oleh microsoft, sehingga microsoft megklaim versi terbarunya ini lebih stabil,aman, dan memanjakan pengguna computer ( walaupun menurut banyak orang hal-hal tersebut sudah ada pada windows xp).
11.   Windows 7 (Tahun 2010) 

     Microsoft membuat windows 7 lebh nadal daripada windows vista. Selain itu, tingkat responsifitas windows 7 ditingkatkan, serta membuat proses booting dan shutdown lebih cepat lagi. Pengguna computer diharapkan lebih mudah dalam menyelesaikan tugas sehari-hari, membuat koneksi dan sikronisasi antarperngkat lebih mudah, dan menjelajah dunia internet lebih memuaskan. Rilis selanjutnya setelah windows vista adalah windows 7, yang sebelumnya dikenal dengan sebutan blackcomb dan vienna.
12.   Windows

     Windows 8 adalah nama kode untuk versi mendatang dari microsoft windows, serangkaian sistem operasi yang diproduksi oleh microsoft untuk digunakan pada komputer pribadi, termasuk komputer rumah dan bisnis, laptop, netbook, tablet pc, server, dan pc pusat media. Sistem operasi ini menggunakan mikroprosesor ARM selain mikroprosesor x86 tradisional buatan Intel dan AMD. 
13.   Windows 8.1 

     Windows 8.1 memunculkan kembali tombol start, namun dengan ikon yang bergambar empat jendela (logo windows versi flat), bukan tulisan “start”. Kembalinya tombol start ini diharapkan agar lebih memudahkan pengguna yang masih menggunakan mouse dan keyboard tanpa layar sentuh.
14.   Windows 10 (Juli 2015) 

     Windows 10 ini dirilis pada tanggal 29 Juli 2015. Pada windows 10 tetap dipertahankan tombol start dengan desktop yang lebih seimbang. Windows 10 ini memiliki tampilan yang elegan dan minimalis sehingga membuat penggunanya nyaman dalam menggunakannya. 
B. Pengertian Windows  
Microsoft windows atau kita sering menyebutnya windows merupakan jenis sistem operasi yang dibuat dan dikembangkan oleh perusahaan microsoft. Windows juga salah satu jenis sistem operasi yang populer digunakan oleh masyarakat dunia. Sistem operasi windows atau kerap disebut dengan windows saja adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh perusahan terkemuka yang bernama microsoft corporation. Windows hanyalah salah satu pilihan sistem operasi. Sebagai sebuah sistem operasi, windows menggunakan Graphical User Interface (GUI) atau diusung dengan tampilan antarmuka yang berbasis grafis
C. Kelebihan dan Kekurangan Windows 
a.       Kelebihan Windows

       1)      User friendly dibandingkan sistem operasi yang lain
       2)      Instalasi software masih mudah dibandingkan dengan instalasi di sistem operasi yang lain
       3)      Banyak software berbasis windows
       4)      Dukungan driver yang lebih banyak
       5)      Karena sistemnya sudah di share untuk bisa dikembangkan
      6)      Perkembangan lebih cepat dibanding software lain
      7)      Banyak gratisan GPLdan Freeware ditawarkan untuk windows
      8)      Jika ada masalah lebih mudah diselesaikannya
       b.      Kekurangan Windows
     1)      Harga licensi mahal
     2)      Komunitas terlalu sedikit karena bersifat closed source
     3)      Banyaknya virus yang sering menyerang windows
     4)      Sistem keamanan yang masih dibilang kurang
     5)      Sistem yang kurang stabil
    6)      Ada banyak versi sehingga kalau mau powerfull harus bayar lebih mahal
  D. Fungsi Windows 
   Windows memiliki berbagai fungsi-fungsi tertentu antara lain :
1.      Windows berfungsi sebagai penghubung antara aplikasi dan perangkat keras, sehingga keduanya bisa berintegrasi dan bekerja sesuai permintaan pengguna secara konsisten dan stabil.
2.      Mengendalikan dan mengelola sumber daya yang sedang dijalankan, termasuk di antaranya adalah perangkat lunak dan perangkat keras yang ada di sebuah komputer.
3.      Mengelola semua proses yang terdiri atas persiapan, penjadwalkan, serta pemantauan program yang sedang dilakukan atau dijalankan.
4.      Mengelola data masuk (input) dan data keluar (output) serta mengendalikannya.



Video terkait bisa langsung dikunjungi linknya ada dibawah ini, semoga bermanfaat
https://www.youtube.com/watch?v=whGgCRPpwWY


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Teknik Hacking Website Sqlmap

Hacking Website Sqlmap A.     Pengertian Hacking Hacking adalah kegiatan memasuki system melalui system operasional lain yang dijal...